Perkembangan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan untuk
meningkatkan penghasilan dari usaha yang sudah dijalani saat ini, dengan
berbisnis online. Dengan berjualan secara online maka secara tidak langsung akan membantu untuk mempromosikan usaha Anda dengan lebih cepat, mudah, dan murah.
Pengusaha
harus semakin jeli untuk menangkap berbagai situasi dan kondisi yang
sedang terjadi di sekitar, kata James. Berbagai kemudahan yang
ditawarkan melalui penjualan online ini mampu meningkatkan antusiasme pembeli untuk mengakses website usaha Anda. Bahkan belakangan ini, belanja online ini
sudah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat khususnya
perempuan. Sekarang ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah
mampu mengakses internet. Namun jumlah orang yang memiliki jiwa
wirausaha dengan memanfaatkan teknologi ini masih terbilang sedikit.
Menurut data Badan Pusat Statistik, dari 17 juta UKM di Indonesia hanya
75.000 yang sudah memiliki website sendiri.
Padahal lebih
dari 40 juta penduduk Indonesia menggunakan internet secara rutin.
Lebih dari 130 juta masyarakat mengakses internet melalui ponsel untuk
mencari toko dan layanan lokal. Mereka umumnya menggunakan internet
untuk mencari informasi seputar hiburan, tempat makan, berita, atau
informasi untuk berbelanja. "Ada baiknya untuk lebih maju, UKM dan
wirausaha lainnya dengan mulai memasarkan produk mereka secara online,
agar bisa bersaing dengan produk luar dan global, sesuai dengan visi
dari departemen perindustrian," ungkap Menteri Perindustrian MS Hidayat.
Mengapa harus go online?
Pengusaha dapat meraup lebih banyak keuntungan dengan go online. "Bisnis online ini sebenarnya mudah dilakukan oleh siapa saja terutama perempuan. Dengan bisnis online mereka bisa mengurus keluarga sambil berbisnis tanpa harus terlalu sibuk di luar rumah dan mengabaikan keluarga," tukas James.
Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM dari total kegiatan usaha
mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, 60 persen UKM saat ini
dikelola oleh pengusaha perempuan. Tak heran jika berbagai keuntungan
yang ditawarkan dengan menjadi pebisnis online ini bisa sangat diminati dan jadi peluang usaha tersendiri untuk para perempuan.
Tak hanya pengusaha perempuan, bisnis online
juga memiliki segmen pasar yang luas termasuk dari kalangan perempuan
itu sendiri. Pada dasarnya para perempuan memiliki berbagai keunggulan
untuk berbisnis karena perempuan sendiri lebih peka terhadap berbagai
produk perempuan seperti sepatu, baju, tas, makanan dan lainnya yang
bisa dipasarkan secara online untuk meraup keuntungan yang besar.
Keuntungan lain yang ditawarkan oleh bisnis online adalah Anda tak harus memiliki atau bahkan menghabiskan uang untuk menyewa toko. Tak hanya itu,bisnis online
juga minim risiko. Jika produk yang Anda tawarkan tidak menarik minat
pembeli, risiko kerugian lebih rendah. Pasalnya, sebagian besar produk
bisnis online hanya berdasarkan pesanan yang masuk.
Tak hanya itu, bahkan dengan menjadi pengusaha online
ini Anda tak membutuhkan modal promosi atau beriklan, karena sampai
saat ini sudah banyak penyedia layanan yang memberikan kebebasan untuk
membuat website Anda sendiri secara gratis. Fleksibilitas waktu
kerja dan juga toko yang "selalu buka 24 jam" menjadi salah satu
keunggulan bisnis online.
"Tampilan dari website membuat
gambar dan informasi seputar produk menjadi lebih menarik dan dapat
dilihat selama 24 jam oleh masyarakat di seluruh dunia. Dan semenjak go online,
usaha saya meningkat, baik dalam jumlah pesanan maupun pendapatan, baik
konsumen dalam negeri maupun luar negeri. Saya juga bisa menyerap
tenaga kerja lebih banyak," ungkap Reno Andam Suri, pemilik Rendang Uni
Farah.
Survei yang dilakukan terhadap 200 UKM di Indonesia menunjukkan, 29 persen penjualan UKM per tahun merupakan hasil usaha online.
Fakta ini dimuat dalam Deloitte Access Economics: The Connected
Archipelago: The Role of the Internet in Indonesia's Economic
Development tahun 2011. Ketika sebuah usaha sudah go online,
maka secara otomatis usaha ini akan terhubung ke seluruh penjuru dunia.
UKM yang menggunakan teknologi internet ini mampu berkembang dan
mengekspor produk dua kali lipat lebih besar dari UKM lainnya yang tidak
menggunakan internet untuk bisnisnya. Sebuah penelitian menunjukkan
bahwa sampai saat ini 10 persen produktivitas UKM meningkat akibat
penggunaan internet.