Fenomena yang saat ini terlihat di
masyarakat kita adalah semakin banyaknya pengusaha baru yang
bermunculan, baik itu pengusaha kecil-kecilan ataupun pengusaha besar.
Bisnis kecil-kecilan atau bisnis rumahan biasanya dimulai dari hal-hal
sederhana, misalnya hobi memasak akhirnya buka usaha kuliner, hobi
memancing akhirnya punya toko yang menjual alat pancing, hobi main
burung akhirnya jualan burung atau makanan burung, dan lain sebagainya.
Satu catatan penting saya adalah, bisnis rumahan
yang berkembang dan semakin maju pasti pemasarannya melibatkan
internet, atau pemasaran melalui internet. Bisnis yang tidak
memanfaatkan internet biasanya akan sangat sulit untuk berkembang, atau
bahkan bisa saja malah bangkrut karena tidak bisa bersaing dengan mereka
yang sudah go online.
Nah, jika kita bicara pemasaran bisnis
melalui internet maka ini akan melibatkan website bisnis, media sosial,
list building, SEO, artikel marketing, dan masih banyak lagi. Bagi
mereka yang masih awam pasti menganggap bahwa mempelajari hal ini akan
sangat sulit, pada kenyatanya bisnis kita akan semakin sulit jika kita
tidak belajar memasarkannya melalui internet.
Salah satu contoh bisnis rumahan yang
berhasil dipasarkan melalui media internet adalah usaha gorengan tahu
jeletot Taisi yang ada di Depok. Kebetulan waktu itu saya sedang belanja
tahu jeletot karena penasaran dengan rasanya yang katanya pedas. Memang
rasanya unik, tapi yang lebih unik lagi adalah pemasarannya. Si pemilik
usaha tahu jeletot tersebut mengembangkan bisnisnya dengan sistem
waralaba dimana di memasarkan waralabanya tersebut melalui media
internet.
Tidak seperti penjual gorengan biasanya,
pemilik usaha gorengan tahu jeletot Taisi ini punya website untuk
mengembangkan usahanya. Kita bisa melihat websitenya di TahuJeletot.com.
Mereka yang mengunjungi situsnya dan tertarik dengan peluang usaha tahu
jeletot bisa menghubungi si pemilik usaha melalui websitenya. Tentunya
peluang untuk mendapatkan mitra bisnis untuk usahanya akan jauh lebih
besar karena jangkauannya lebih luas melalui internet.
Pemasaran melalui internet yang
dilakukan oleh Tahu Jeletot tersebut adalah salah satu contoh bagaimana
hebatnya pemasaran melalui internet. Dengan biaya yang cenderung jauh
lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan di media lain seperti
Televisi, Koran, Majalah, tentu media internet merupakan cara yang
paling baik untuk memasarkan bisnis rumahan.
Nah, bagi Anda yang punya bisnis rumahan
atau bisnis kecil-kecilan, maka sebaiknya manfaatkanlah media internet
untuk menjual atau memasarkan usaha Anda tersebut. Buatlah website untuk
bisnis Anda, buat akun media sosial khusus untuk usaha Anda tersebut.
Dengan begitu, Anda akan melihat perkembangan usaha Anda ke arah yang
lebih baik. Jangan pernah remehkan usaha rumahan Anda, karena bawang
goreng pun laris dijual melalui internet. Selamat mencoba.